Islamic Views for Valentine day*

Disusun oleh :


Muhammad Rifqi Syahrizal (Siswa kelas XI IPA – MAN Karawang)


Assalamu’alaikum wr.wb

Valentine’s day (hari kasih sayang) 14 February.

Tahu kah kamu apa arti dari perayaan ataupun definisi dari hari valentine yang biasa disebut hari kasih sayang??????? Kira-kira apa ya makna yang terkandung dalam hari tersebut????? kLo para remaja masa kini sih nyambutnya dengan cara ngasih coklat ke pacar atau orang yang di sayanginya… ada juga dengan cara yang PUITIS gtooo dech…… tapi ngga semua remaja yg melakukan hal tsb. Ya….. mungkin orang yang tidak melakukan hal tersebut sudah mengerti makna dri valentine day…. Harus kita telaah sebagai seorang pelajar muslim yang baik tentang asal asul perayaan dan definisi VALENTINE DAY…..

Allah SWT berfirman :

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang tidak kamu ketahui tentangnya(sesuatu). Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya.”

(Q.S. Al-Isra’ : 36)

KASIH SAYANG….. kita di berikan rasa kasih sayang oleh Allah SWT yang merupakan anugrah terindah dalam hidup manusia. Tapi pada era globalisasi ini banyak sekali yang salah mengartikan hal tersebut, malah sampe mengarah pada hal-hal yang berbau maksiat gtoooo.

VALENTINE’S DAY sebenarnya bersumber dari paganisme orang musyrik, bagaikan penyembahan berhala dan penghormatan pada pastor kuffar. Bahkan tak ada kaitannya sama makna “kasih sayang”, lalu kenapa kita masih menyambut hari tersebut???? Adakah hal yang istimewa??? Sebuah adat kah??? Atau hanya ikut-ikutan semata (taqlid)????

Rasulullah bersabda : Di riwayatkan dari abu said al-Khudri r.a. Rasulullah bersabda :”Kamu akan mengikuti sunnah org-org sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai mereka masuk kedalam lubang kamu tetap mengikuti mereka. Kami(sahabat) bertanya :” Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang yahudi dan nasrani? Rasulullah menjawab : kalau bukan mereka siapa lagi?” (H.R. Bukhori & Muslim)

                Dalam sabda rasul di atas kita ketahui bahwa barang siapa yang mengikuti kebiasaan suatu kaum  sedikit demi sedikit maka nanti engkau akan termasuk dari kaum tersebut.

Rasulullah juga bersabda :

Artinya : “Barang siapa yang menyerupai/mengikuti suatu kaum maka dia termasuk kaum tersebut” (Al-Hadits)

Setiap menjelang tanggal 14 february org-org banyak yang membuat, menjual dan membeli sesuatu yang berbau valentine day, yang jadi pertanyaan bagaimana pandangan kaum muslim khususnya kita terkait :

  1. Melakukan transaksi pembelian barang untuk perayaan valentines
  2. Bagaimana yang menjual barang untuk perayaan valentines sementara pemilik toko tidak merayakannya? Apakah sama derajatnya dengan yang merayakan?
  3. Menyambutnya seolah bagaikan hari raya

Naaahhh….. yang pertama dalam pembelian untuk perayaan sudah jelas mereka tersebut sudah dianggap sebagai kaum musyrik. Nah… yang menjualnya pun ternyata sama derajatnya, menurut konsensus ulama (ijma’) dari generasi awal muslim bahwa yang membantu dalam perayaan kemusyrikan atau kaum lain dianggap sama derajatnya dengan yang melakukannya. Klo kita menganggap Valentines adalah hari raya itu salah besar menurut konteks islam, karena Ied (hari raya) hanya ada 2 yaitu iedul fitri dan iedul adha…..Men!!!!!!!, jika yang berpendapat hal itu adalah hari raya maka ia adalah termasuk orang-orang yang zalim kepada dirinya sendiri bahkan musyrik.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

Artinya : “Sesungguhnya hal-hal yang tidak menjadi kebiasaan orang-orang muslim hanyalah bertujuan merusak”(Q.S. At-thalaq : 1)

So, maukah kita dianggap orang musyrik???

(*tulisan semasa SMA dulu yang berjudul ‘Islamic Chocolate for Valentine Day’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s